Manfaat kesehatan tomat terbaik

Rasa dan nutrisi, serta manfaat kesehatan dari tomat, sangat dihargai. Mereka di seluruh dunia menikmati bahan-bahan penting dalam makanan banyak budaya. Namun tanaman memiliki masa lalu yang tidak merata, termasuk mitos, kesalahpahaman dan kontroversi, dan tantangan produksi massal tomat modern terus memicu diskusi. Namun tidak ada perdebatan tentang manfaat kesehatan intrinsik dari tomat. Tomat juga dihargai karena nilai gizinya dan rasanya yang lezat.

Sejarah tomat

Peru pada umumnya dikreditkan dengan budidaya pertama buah yang sekarang dikenal sebagai tomat. Tomat pada hari itu kecil dibandingkan dengan tomat modern, tetapi sudah menjadi makanan berharga, dibiakkan untuk rasa. Tomat menyebar dari Peru ke Amerika Selatan dan Tengah. Aztec Meksiko menghargai mereka dan menggunakannya secara luas di dapur mereka, termasuk salsa. Ketika orang-orang Spanyol jatuh di Meksiko pada awal 1500-an, suku Aztec mengembangkan resep baru yang mengerikan dengan tomat. Buah itu disajikan dengan daging penjajah Spanyol.

Beberapa orang percaya bahwa Conquistador Hernando Cortés dari Spanyol yang membawa tomat ke Eropa setelah penaklukan ibu kota Aztec, Tenochtítlan, sekarang Mexico City. Yang lain percaya bahwa Christopher Columbus sudah membawa tanaman ke Eropa pada tahun 1493. Dokumen herbal Italia pada 1544 menyebut tomat sebagai pomo d & # 39; oro, atau apel emas. Pada 1597, ahli bedah Inggris John Gerard menerbitkan ramuan yang menyatakan bahwa tomat beracun dan tidak boleh dimakan, yang satu atau dua abad melelahkan untuk buah diet Inggris dan kolonial.

Ada beberapa teori mengapa begitu banyak yang percaya bahwa tomat tomat adalah racun. Satu teori menempatkan kesalahan pada pelat timah, yang memiliki kandungan timbal tinggi. Makanan asam seperti tomat menyebabkan sebagian timah hitam masuk ke dalam makanan, menyebabkan keracunan timbal. Namun, keracunan timbal begitu bertahap, selama periode yang begitu lama, sehingga banyak yang menganggap tomat tidak mungkin diidentifikasi sebagai penyebabnya. Teori yang lebih mungkin adalah bahwa tomat dianggap sebagai anggota keluarga tanaman tumbuhan malam. Memang, daun tomat tidak aman dikonsumsi. Makan daun tomat dapat menyebabkan muntah, diare dan pusing dan dapat menyebabkan kematian pada kasus yang parah.

Kontroversi juga ada untuk beberapa waktu apakah tomat adalah buah atau sayuran. Secara botani, tomat adalah buah beri, bagian dari buah, tetapi isinya lebih berupa sayuran. Mungkin cara terbaik untuk menggambarkan tomat adalah, seperti "buah yang berperilaku seperti sayur."

Tomat dalam produksi massal

Saat ini, tomat ditanam di seluruh dunia, disesuaikan dengan berbagai kondisi pertumbuhan dengan ribuan kultivar. Tomat memiliki ukuran, warna, dan rasa yang bervariasi, mulai dari steak steak berdiameter empat inci hingga tomat prem yang memiliki nilai saus. Tomat menggantikannya dengan nutrisi makanan super, tetapi di beberapa bagian dunia upaya menghasilkan buah dalam jumlah besar menjadi perhatian para pakar kesehatan.

Di Florida, sebagian besar tanah yang digunakan untuk pertanian telah dipotong dari everglades. Tanah berpasir dan air lembab tidak sesuai dengan temperamen tomat, jadi petani menambahkan jumlah pupuk untuk meningkatkan pertumbuhan. Buah dikirim ke pasar saat masih hijau, sebelum matahari mematangkan rasa dan warnanya – tomat diperlakukan dengan gas untuk membuatnya tampak merah. Dibandingkan dengan tomat organik, mereka lebih tinggi natrium, sementara mengandung lebih sedikit vitamin dan mineral. Banyak dari tomat ini berakhir di restoran cepat saji dan rantai supermarket. Direkomendasikan agar konsumen membeli tomat yang ditanam secara lokal jika memungkinkan. Jika tidak memungkinkan, tomat kaleng lebih sehat – tomat yang ditemukan dalam tomat kaleng biasanya matang untuk diproses.

Manfaat kesehatan dari tomat

Tomat yang ditanam secara alami mengandung banyak nutrisi berharga, termasuk likopen, yang dikaitkan untuk mencegah kanker. Likopen adalah antioksidan kuat. Antioksidan adalah nutrisi yang memperlambat atau mengembalikan kerusakan yang dapat terjadi ketika sel-sel tubuh memetabolisme, memperlambat atau mengembalikan oksigen. Sementara sel menyerap oksigen, ikatan molekul dapat terputus, yang disebabkan oleh produk yang disebut radikal bebas. Radikal bebas mencoba menstabilkan segera dengan bergabung dengan molekul terdekat. Proses ini dapat merusak sel-sel sehat. Terlalu banyak radikal bebas – atau terlalu sedikit antioksidan – dapat membuat tubuh rentan terhadap kanker. Antioksidan juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, mengurangi kondisi penyakit dan kondisi yang terkait dengan sistem kekebalan yang melemah. Terutama kulit tomat juga mengandung antioksidan kuat.

Tomat mengandung nutrisi bermanfaat lainnya, termasuk beta-karoten dan lutein, serta vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Tomat juga kaya kalium. Selain itu, nutrisi dalam tomat menjadi lebih kuat atau lebih efisien dalam kombinasi dengan makanan tertentu lainnya. Sebuah studi oleh Ohio State University menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat dengan lemak sehat, seperti minyak zaitun atau alpukat, mengintensifkan kemampuan tubuh untuk menyerap antioksidan sebanyak 2 hingga 15 kali. Sebuah studi yang diterbitkan di Cancer Research menemukan lebih banyak efek positif dalam pengobatan tumor prostat pada tikus ketika tomat dikombinasikan dengan brokoli. Tidak ada alergi atau efek samping yang pasti terkait dengan tomat.

Menikmati Tomat

Cara paling sehat untuk menikmati tomat adalah dengan menanamnya di kebun sayur atau membeli tomat organik dan lokal di pasar petani atau toko makanan kesehatan. . Ketika ini tidak memungkinkan, tomat kalengan adalah alternatif yang bisa diterima. Satu tomat berukuran sedang, secangkir jus tomat atau sup adalah porsi konsumsi sayuran harian yang direkomendasikan. Untuk menerima manfaat tambahan dari mengkombinasikan tomat dengan makanan bergizi lainnya, coba tambahkan beberapa kuntum brokoli ke dalam sup tomat. Tambahkan tomat dan kuntum brokoli ke dalam salad. Kurangi jumlah keju pada pizza dan gerimis dengan minyak zaitun untuk rasa yang kaya. Potong alpukat di salsa favorit Anda, atau potong tomat menjadi guacamole favorit Anda. Bagaimanapun Anda menikmati manfaat kesehatan dari tomat, Anda akan memberi dorongan pada sistem Anda dan mencicipi salah satu kelezatan kuliner kehidupan.



Source by Jeff K Andrews